Selasa, 08 November 2011

Model konsep dan teori keperawatan

 Konsep merupakan suatu ide dimana terdapat suatu kesan yang abstrak yang diorganisir menjadi simbol-simbol yang nyata,sedangkan konsep keperawatan merupakan ide untuk menyusun suatu kerangka konseptual atau model leperawatan.
 Teori merupakan sekelompok konsep yang membentuk sebuah pola yang nyata atau pernyataan yang menjelaskan suatu proses,peristiwa,atau kejadian yang didasari fakta-fakta yang telah diobservasi tetapi kurang absolut atau bukti secara langsung.sedangkan teori keperawatan menurut barnum tahun 1990 merupakan usaha-usaha untuk menguraikan atau menjelaskan fenomena mengenai keperawatan.

Karakterstik teori keperawatan
pertama :
teori keperawatan mengidentifikasikan dan menjabarkan konsep khusus yang berhubungan dengan   hal-hal nyata dalam keperawatan sehingga teori ini didasarkan pada kenyataan-kenyataan yang ada di alam.
kedua :
teori keperawatan digunakan berdasarkan alasan-alasan yang sesuai dengan kenyataan yang ada.
ketiga :
teori keperawatan harus konsisten sebagai dasar dalam mengembangkan model konsep keperawatan.
keempat :
dalam menunjang aplikasi,teori ini harus sederhana dan sifatnya umum sehingga dapat digunakan dalam kondisi apapun dalam praktek keperawatan.
kelima :
teori ini dapat digunakan sebagai dasar dalam penelitian keperawatan sehingga dapat digunakan sebagai praktek keperawatan.

Faktor yang mempengaruhi keperawatan :
- filosofi florence nightingle
- kebudayaan
- sistem pendidikan
- pengembangan ilmu keperawatan

Tujuan teori keperawatan :
  1. dapat memberikan alasan-alasan tentang kenyataan yang dihadapi dalam pelayanan keperawatan.
  2. dapat membantu para anggota profesi perawat untuk memahami berbagai pengetahuan dalam pemberian asuhan keperawatan kemudian  dapat memberikan dasar dalam memberikan dasar dalam penyelesaian masalah keperawatan.
  3. dapat membantu proses penyelesaian masalah dalam keperawatan dengan memberikan arah yang jelas bagi tujuan tindakan keperawatan sehingga segala bentuk dan tindakan dapat dipertimbangkan.
  4. dapat memberikan dasar dari asumsi dan filosofi keperawatan sehingga pengetahuan dan pemahaman dalam tindakan keperawatan dapat terus bertambah dan berkembang.
Pandangan beberapa ahli tentang ,odel konsep dan teori keperawatan : 
  1. Menurut Dorothea Orem,menjelaskan bahwa self care(perawatan diri)didasarkan atas kesengajaan serta dalam pengambilan keeputusan dijadikan sebagai pedoman dalam tindakan setiap manusia yang digunakan sebagai kebutuhan dasar manusia.
  2. Menurut Sister Calista Roy,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan bagaimana individu mampu meningkatkan kesehatannya dengan cara mempertahankan perilaku adaptif serta mampu merubah perilaku yang mal adaptif.
  3. Menurut Virginia Handerson,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan model konsep akvifitas sehari-hari dengan memberikan gambaran tugas perawat yaitu mengkaji individu baik sakit atau sehat dengan memberikan dukungan kepada kesehatan,penyembuhan serta agar meninggal dengan damai.
  4. Menurut Betti Neuman.menjelaskan bahwa konsep konsep keperawatan merupakan konsep health care system yaitu model yang menggambarkan aktivitas keperawatan yang ditujikan kepada penekanan penurunan stress dengan memperkuat garis pertahanan diri secara fleksibel atau normal maupun resistandengan sasaran pelayanan adalah komunitas.
  5. Menurut Jean Watson,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan tolak ukur yang didasari teori kemanusiaan  yang memiliki empat cabang kebutuhan manusia yang saling berhubungan diantaranya kebutuhan dasar biofisikial yang meliputi kebutuhan makanan dan cairan,kebutuhan eliminasi dan ventilasi,kebutuhan psikofisikal,serta kebutuhan intra dan interpersonal(kebutuhan untuk pengembangan)yaitu kebutuhan aktualisasi diri.
  6. Menurut King,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan suatu pendekatan sistem terbuka dalam hubungan interaksi yang konstan dengan lingkungan sehingga king mengungkapkan dalam konsep interaksi.
  7. Menurut Peplau,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan kemampuan dalam memahami diri sendiri dan orang lain yang menggunakan dasar hubungan antar manusia yang mencakup proses interpersonal,perawat-klien,dan masalah kecemasan yang terjadi akibat sakit.
  8. Menurut Johnson,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan pendekatan sistem perilaku yang selalu ingi mencapai keseimbangan dan stabilitas baik dilingkungan internal maupun eksternal.sistem perilaku menurut johnson yaitu ingestif,achievement,agresif,eliminasi,seksual,gabungan/tambahan,dan ketergantungan.
  9. Menurut E Rogers,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan satu kesatuan yang utuh,yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.
  10. Menurut Florence Nightingle,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan fokus asuhan keperawatan,dan perawat tidak perlu memahami seluruh proses penyakit model konsep dalam upaya memisahkan antara profesi keperawatan dan kedokteran.
  11. Menurut Faye Abdellah,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan manusi yang pada intinya adalah memberikan kebutuhan sevara fisik,emosi,intelektuak,sosial dan spritual bagi para pasien maupun keluarga.
  12. Menurut Ida Orlando,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan perilaku klien menurut kebutuhan yang memandang pemenuhan klien adalah rangka mengatasi masalah stres,meningkatkan kepuasan atau mendorong pencapaian kesehatan optimal.
  13. Menurut Myra Levine,menjelaskan bahwa konsep keperawatan merupakan makhluk hidup terintegrasi yang saling berinteraksi dan beradaptasi terhadap lingkungannya.
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar